App inventor

Munkin sebagian sudah pada tau apa yang di maksud appinventor, tapi sebagian lagi munkin belum, walaupun para pengguna android yang sering mengotak atik hp ny, juga belum tentu tau mengenai appinventor, karena appinventor sendiri baru di rilis pada bulan juni 2010 dan hingga saat ini appinventor masih dalam tahap beta,dan tidak semudah itu untuk dapat menggunakan appinventor itu sendiri. karena google sendiri masih membatasi penggunaan appinventor.

apa sih appinventor itu?
appinventor dalam arti singkat adalah pemograman block untuk membuat aplikasi android, namun dalam arti bertele tele mengenai selukbeluk appinventor adalah sebuah tools yang bekerja dalam environtment pengembangan aplikasi google secara online, dengan menggunakan bahasa pemograman block secara visual, yang sebenar nya adalah hasil pengembangan dari open block java library yang di distribusikan oleh Massachusetts Institute of Technology hingga akhir nya bisa di gunakan untuk mengembangkan aplikasi di android karena sebenarnya android menggunakan bahasa pemograman java, dan dalam meng kompile bahasa pemograman block ini google menggunakan kawa language framework. kawa sendiri dikembangkan oleh per brother dengan lisensi GNU operating sistem yang dikeluarkan oleh free software foundation.

Apa sih kegunaanya appinventor sendiri?
Appinventor adalah salah satutools yang berfungsi untuk membuat aplikasi pada android, namun tampa harus menguasai pemograman java, pada appinventor semua tinggal drag n drop. Sebelumnya google untuk pengembanganya sudah menyiapkan sdk dan ndk di situs developer nya, dan semua orang bebas mendownload dan ikut serta dalam pengembanganya,tapi yang jadi masalah, untuk mengembangkan aplikasi pada android kita harus menguasai pemograman java.

Lalu bagaimana untuk orang kaya saya yang mules kalo liat koding nya java?
Solusi bagi kalian yang senasib dengan saya, ya appinventor ini, appinventor tidak menuntut kita untuk koding, semua tinggal drag and drop, tujuan google dalam menciptakan appinventor, agar para pengguna android yang suka butahuruf mendadak liat koding java kaya saya, bisa ikut membuat aplikasi sendiri yang sesuai kebutuhan masing masing.

Apa yang harus dilakukan untuk membuat aplikasi android dengan menggunakan appinventor?
Langkah pertama siha harus nempunyai account gmail, kemudian masuk ke situs http://appinventor.googlelabs.com/about/, setelah itu mendaftarkan diri, pendaftaranya sih ga seribet daftar cpns, namun kita harus tetap bersabar, mengingat google akan menyeleksi terlebih dahulu, biasanya dalam kurun waktu 2 miggu hingga sebulan, bila sudah di setujui, kita akan dapat notivikasi nya melalui email, jadi jangan bosan untuk rajin mengecek email kita.

Apa sarat memulai appinventor?
Sarat yang paling utama anda harus terkoneksi internet, karena dalam mendesain gui, appinventor menggunakan aksses internet yang berjalan pada browser, dan dalan mendesain logika nya, appinventor akan mendowload .jnl dari project yang kita buat di browser, jadi selain internet diperlukan environtment java, minimal java versi 6or, setelah itu baru kita bisa masuk kedalam block editoror dari appinvent. Selain itu driver handphone kita juga di perlukan agar komputer kita bisa berkomunikasi dengan handphone, selebihnya sarat sarat yang lain seperti skck dan kartu kuning tidak dibutuhkan layak nya untuk memulai jadi cpns

Bagaimana workflow dalam appinventor?
Yang pertama dilakukan dalam mengembangakan aplikasi menggunakan appinventor kita harus medesain gui dan komponen aplikasgi kita secara online dengan bantuan browser. kemudian kita akan menyusun logika program dengan mendownload .jnl dan kemudian di running hingga terbuka sebuah block editor untuk kita isikan dengan logika program. dan apa bila handphone kita status nya sudah terkoneksi, kita hanya tinggal memilih untuk memasang nya kedalam handphone, atau pun membuat file mentah nya dengan format .apk, setelah itu kita bisa langsung menikmati program yang kita buat dan pamer ke temen temen🙂

begitulah sejenak mengenai appinventor nya, apakah masih minat melanjutkan mengembangkan aplikasi androiid dengan menggunakan appinventor? kalau berminat bisa di tunggu postingan berikut nya dan berdoa saya punya waktu dan bisa untuk nulis tutorial selanjut nya “getin started” tapi kalo ga minat ya gapapa,, tapi tetep minta doanya agar saya punya waktu dan bisa nulis tutorial selanjut nya agar yang minat bisa menikmati nya juga ahahhaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

NUJABES – IMAJINARY

%d bloggers like this: