membuat program sederhana menggunakan appinventor (suara 1)

oke setelah di setting ssetting sekarang saat nya praktek buat aplikasi sederhana, aplikasinya sangat berguna saat di butuhkan untuk ngejailin orang, nama nya aplikasi suara kentut dan piring pecah. berguna kan??

di dalam aplikasi tersebut terdapat suara kentut dan suara piring pecah. tujuan dari tutorial ini untuk :

  1. mengerti proses pembuatan aplikasi
  2. mengenal workplaces appinventor
  3. menginstal aplikasi buatan kita kedalam handphone
  4. mengenal fungsi komponen button dan label dan sound
  5. mengerti penggunaan property
  6. mengerti pembuatan logika program dengan block editor

dalam pembuatan aplikasi mengguakan appinventor kita harus mengetahui bagaimana logika nya dan menentukan terlebih dahulu komponen yang akan di gunakan, setelah itu baru deh ngelanjut di appinventor nya

okeh kita tampa basa basi dan baca manta kita mulai saja ya.

tapi sebelum mulai bisa di download terlebih dahulu bahan2 yang di perlukan untuk membuat aplikasi nya di sini http://www.4shared.com/file/WzQNVIUL/sound.html

untuk logika aplikasi nya seperti ini
aplikasi mempunyai dua tombol, yang masing masing tombol mengluarkan suara yang berbeda, dan mempunyai tombol yang berbeda, tombol pertama dengan gambar pantat akan mengeluarkan suara kentut apa bila di tekan, tombol kedua bergambar piring akan mengeluarkan suara piring pecah bila di tekan.

componen yang dibutuhkan.
kalo di liat dari logika di atas, maka componen yang kita butuhkan itu komponen label, button, dan sound, dan sebatang garpu untuk garuk2 ketombe.

okeh,sekarang udah tau komponen dan alur program nya, kita lanjut ke cara pembuatanya

1. sebelum memulai pastikan anda sudah punya perlengkapanya, bila masih bingung bisa liat di postingan ini https://blumontego.wordpress.com/2010/11/16/setup-sebelum-menggunakan-appinventor/

2. persiapkan desain aplikasi nya, dengan berkunjung ke appinventor http://appinventor.googlelabs.com/about/ kemudian klick link “my project” lalu bila belum sign ini bisa login dulu, setelah itu clik “new” dan untuk membuat project yang baru, untuk nama nya bisa kita namakan sound1,

dan setelah berhasi kita klik nama project yang sebelumnya sehingga kita ke halaman desain project seperti di bawah ini

3. masukan komponen label kedalam viewer, dengan cara mendrag componen label pada jendela palette kedalam viewer, sehingga jadi seperti ini.

setelah itu didalam jendela properties atur huruf nya menjadi 20, dan bold, dan text menjadi “kentut”

4. lankah ke empat kita masukan component button pada viewer dengan cara yang sama yaitu mendrag nya, namun dalam aplikasi ini kita ga hanya menggunakan tombol standar, kita akan menggunakan tombol dengan menggunakan gambar, cara nya adalah property buttun pada bagian image kita klik sehingga muncul pop up untuk memilih gambar yang akan di upload

kemudian di tunggu hingga gambar telah selesai di upload, setelah di upload kita bisa merubah ukuran gambar tersebut di bagian properti, lalu isikan dengan ukuran yang anda mau,  tapi inget ya, ini ukuran nya pake nomor, bukan huruf, jadi anda ga bisa memasukan input “xl” , “s”, “m” , “l”ataupun yang sejenis nya

5. masukan komponen sound, letak nya ada di jendela palette di bagian media, lalu drag ke jendela viewer. satu hal yang perlu di pahami dari componen sound, componen sound termasuk kedalam komponen non visible, yaitu komponen yang tidak akan muncul tampilanya pada program, maka dari itu saat kita telah medrag komponen sound, makan komponen sound akan terletak di bawah aplikasi,

setelah itu kita masukan sumber suara, dengan mengklik componen sound pada viewer, kemudian menklik source pada jendela property, dan kita akan di minta untuk meng upload suara yang akan di gunakan pada aplikasi ini, untuk itu maka pilih lah pada folder yang menyimpan materi yang sudah di download pada paragraft awal postingan ini. dan pilih lah suara kentut.mp3

5. kemudian untuk suara piring pecah bisa dilakukan dengan cara yang sama pada langkah 3 dan 4. kemudian rename componen “sound1″ menjadi” kentu”t dan “sound2” mennjadi “pecah”, dengan cara menklik komponen, dan pada jendela komponen klik rename, hingga hasil nya menjadi seperti ini :

6. tahap selanjut nya kita memasukan logika program pada block editor, cara nya clik block editor pada bagian kanan atas, maka secara otomatis akan mendownload file ber extension *.jnlp, biasa nya bernama AppInventorForAndroidCodeblocks.jnlp, setelah selesai di download, maka akan membuka environtment java, bila tidak terbuka juga ada kemungkinan anda belum meng instal java environment, untuk meninstal nya bisa di liat di tutorial https://blumontego.wordpress.com/2010/11/16/setup-sebelum-menggunakan-appinventor/ . bila tidak bisa juga ada kemungkinan download nya corupt, anda bisa kembali ke browser / desain appinventor, dan kembali mengklik tombol “open block editor”

bila sudah terbuka maka anda akan ada pop up dan anda di minta memasukan alamat anda menyimpan adb.exe yang ada pada sdk android yang sebelum nya sudah di download, bila anda belum mempunyai nya, maka anda bisa membaca tutorial https://blumontego.wordpress.com/2010/11/16/setup-sebelum-menggunakan-appinventor/ untuk mendownload nya. contoh tampilan nya akan seperti ini

*karena saya menyimpanya sdk nya pada drive d di dalam folder software dengan sub folder android app dev tools*

hal ini penting, agar block editor bisa berkomunikasi dengan handphone anda, bila tidak menggunakan ini, maka block editor tidak bisa membaca handphone anda, walaupun anda sudah mencolok ke komputer dan meng instal driver nya.

7. bila sudah, maka akan ada tampilan seperti di bawah ini, kemudian pilih tab my block untuk memberikan logika program pada componen yang sudah di buat

untuk memberikan logika program pada komponen, bisa di lakukan dengan cara mengklik componen yang ada pada tab my blocks, pada tutorial ini kita coba untuk membuat suara apa bila tombol di pencet, maka hal yang kita lakukan pada block editor adalah mengklik component button1, kemudian di sbelah kiri nya muncul berbagai macam event/reaksi yang bisa di lakukan pada button1, untuk itu kita coba untuk mendrag event/trigrer/pemicu agar button bereaksi, untuk itu kita pilih block paling atas dengan pemicu click, kemudian drag ke bagian kanan /kanvas block editor seperti gambar dibawah ini

8. setelah pemicu nya klik, lalu apa reaksi yang dilakukan program? langkah selanjut nya kita memasukan reaksi yang akan di kerjakan program setelah button1 di klik, yaitu memutar suara orang kentut, untuk melakukan hal ini cukup mengklik komponen skentut, kemudian pilih block ke-3 atau skentut.play, lalu masukan kedalam ruang button1.click, dan hasil nya seperti ini

arti dari block yang kita buat tersebut kira kira seperti ini, saat button1 di klik, maka lakukan pemanggilan skentut dan mainkan.

9. untuk suara piring pecah bisa dibuat dengan cara yang samap seperti langkah 7 & 8, hingga hasil nya akan seperti dibawah ini

note : bila anda salah mendrag kedalam kanvas, anda bisa menghapus nya dengan cara mendrag kedalam tempat sampah yang berada pada pojok kanan bawah

10. untuk mencoba nya pada handphone anda, bisa dilakukan dengan cara mengklik tombol conect to the phone di sebelah tombol zoom kanan atas block editor, setelah itu block editor akan mencoba berkomunikasi dengan handphone anda,

bila anda ingin menginstal nya di handphone anda, anda bisa kembali ke browser tampilan desain aplikasi appinventor, kemudian pada combo button di pojok kanan atas, sebelah tombol open block editor, pilih packaging to the phone, dan kemudian tunggu hingga status packaging hilang (di tengah layar atas)

bila sudah maka akan muncul aplikasi yang anda buat pada handphone anda. dan aplikasi sudah selesai dibuat.dan aplikasi  ahahahah….

note : bila saat tidak muncul dan bila ada masalah dalam koneksi, bisa di cek kembali pada postingan setup appinventor,dan pastikan semua sudah benar.

nah kalo udah tau cara pembuatanya, sekarang lanjut ke cara penggunaanya, gimana cara gunainya?

contoh pertama :

@busway desek desekan ga dapet tempat duduk

pertama cari posisi yang tepat, yaitu posisi yang tepat, yaitu di depan bangku orang duduk, kemudian balikan badan dengan memposisikan diri membelakangin orang duduk, setelah itu buka handphone anda, dan jalankan aplikasi yang anda buat, kemudian pilih suara kentut.

kemungkinan hasil yang akan dihasilakan :

1.orang yang duduk tersebut akan berdiri dan menjauh dari anda, dan saat nya anda menempati kursi kosong tersebut

2. orang2 di sekitar anda menjauh sehingga anda lega

3.orang duduk tersebut akan berdiri dan menampar anda, kemudian anda di usir dari dari busway, kalo bisa sebelum menjalankan aplikasi lihat orang nya dulu,kalo orang nya kek preman lebih baik jangan

namun apa bila anda berfikiran optimis, semoga saja hasil akhir nya adalah kemungkinan pertama,,,

selamat mencoba🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

NUJABES – IMAJINARY

%d bloggers like this: